KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

What’s in KPLC

Posted on: Juni 24, 2010

Kemang Pregnancy and Lactation Care (KPLC)

Menciptakan generasi unggul membutuhkan keterlibatan banyak pihak. Kerja sama yang baik antara ibu dan ayah, kesiapan fisik, mental, dan spiritual keduanya, kepedulian keluarga besar dan lebih luas lagi masyarakat adalah faktor – faktor penting yang sebaiknya terpenuhi.

Kemang Pregnancy and Lactation Center (KPLC) peduli terhadap lahirnya generasi unggul. KPLC mendedikasikan diri pada berbagai layanan yang akan menjadikan para orangtua, ibu terutama, memiliki kematangan dalam mempersiapkan lahirnya generasi yang kelak dapat mengoptimalkan potensi dirinya sebagai individu dan makhluk sosial.

One Stop Pregnancy and Lactation Service

Kemang Pregnancy and Lactation Care (KPLC) memiliki visi One Stop Pregnancy and Lactation Service” dilengkapi dengan beberapa layanan sebagai berikut:

  1. Aquarobic
  2. Gym
  3. Senam hamil
  4. Senam nifas
  5. Laktasi dan gizi
  6. Pijat bayi
  7. Prenatal yoga
  8. Meditasi
  9. Diskusi/Seminar bersama Harmony Familiy Club (HFC)

  1. Aquarobic (water fitness for pregnancy)

Olahraga air adalah jenis olahraga terbaik bagi ibu hamil. Saat berada di dalam air, tubuh akan ditopang oleh air yang memiliki daya dorong ke atas. Beban tubuh saat berada di dalam air jauh lebih ringan daripada di darat. Karena itu, olahraga ini sangat minim dengan resiko cedera tulang, sendi dan otot.

Sesi aquarobic dipandu oleh ibu Intan.

2. Gym

Proses Kehamilan dan paska melahirkan adalah suatu fase bagi seorang calon ibu, dimana tingkat kesegaran jasmani dan kekuatan mental yang prima sangat dibutuhkan. Menjaga kebugaran tubuh pada saat hamil dan paska melahirkan sangat penting mengingat adanya perubahan anatomis fungsi faal tubuh yang terjadi dari fase kehamilan sampai ke fase paska melahirkan.

Sesi ini dipandu oleh instruktur senam, berpengalaman, profesional dan bersertifikat khusus untuk ibu hamil dan pasca melahirkan.

3. Senam Hamil dan Senam Nifas

Senam selama hamil dan sesudah melahirkan, menjadi pilihan dalam menyambut hadirnya si kecil. Senam hamil berguna untuk:

  • Memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot-otot dinding perut dan dasar panggul.
  • Melatih sikap tubuh guna menghindari/memperingan keluhan-keluhan seperti sakit pinggang dan punggung.
  • Membuat tubuh lebih rileks (membantu mengatasi stres dan rasa sakit akibat kontraksi ketika bersalin).
  • Melatih berbagai tehnik pernafasan yang penting agar persalinan berjalan lancar.

Sedangkan senam nifas (sesudah melahirkan) bertujuan untuk mempercepat penyembuhan, mencegah timbulnya komplikasi, memulihkan dan menguatkan otot-otot punggung, otot dasar panggul dan otot perut.

Sesi senam hamil dipandu oleh bidan Mesakh. Senam nifas dipandu oleh bidan Anna.


4. Laktasi dan Gizi.

Sejak janin tumbuh dalam rahim seorang ibu hingga pada masa menyusui, makanan yang dikonsumsi sang ibu sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayinya. Karena itu, diperlukan jumlah nutrisi yang cukup dan benar, mengingat manfaatnya untuk perkembangan dan pertumbuhan, mengganti sel yang rusak atau mati, sebagai sumber tenaga, mengatur suhu tubuh, dan  sebagai cadangan makanan.

Selain itu, seorang ibu juga perlu memiliki pemahaman yang baik tentang laktasi. Yaitu keseluruhan proses menyusui, mulai dari ASI diproduksi sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI.

Konselor laktasi dan gizi adalah dr. Regintha Bachtum dan dr. Sylvi Haryeni.


5. Pijat Bayi

Secara umum kegiatan ini berguna untuk mengurangi kebiasaan menangis, menaikkan berat badan, membuat bayi Ibu mudah tidur, melatih kontak mata dengan Ibu, mengurangi tingkat stres hormon bayi, dan membantu bayi untuk buang air besar (pijat perut).

Dipandu oleh Bidan Ana.


6. Prenatal Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi bermanfaat bagi ibu dan bayi, kesiapan fisik  juga mental.

Latihan yoga dapat bermanfaat untuk menyelaraskan jiwa dan pikiran. Secara fisik yoga jenis ini sangat bermanfaat untuk melatih otot rahim dan panggul, guna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan.

Praktek meditasi membantu mengantarkan ibu hamil menghadapi proses kehamilan dan melahirkan dalam kondisi bathin yang lebih harmoni dan seimbang. Melatih kesadaran menjadi poin penting dalam meditasi ini.

Sesi Yoga dipandu oleh Ibu Yul. Pelatihan meditasi dipandu oleh Abi Maulana.

7. Diskusi/Seminar bersama Harmony Family Club (HFC)

Kenyamanan dan ketenteraman sangat diperlukan pada masa-masa kehamilan.

Banyak dampak yang tidak baik akan terjadi pada si buah hati bila saat hamil ibu merasa tidak bahagia, stres, bingung, sedih ataupun marah. Hal ini akan langsung berpengaruh pada kondisi kejiwaan anak yang di kandungnya. Oleh karena itu, peran dari pasangan sangatlah dibutuhkan.

Sesi ini dipandu oleh dr. Ferry (dr. Radiologi dan pemerhati keluarga) dan Bapak Agus Susanto (pemerhati keluarga).

Untuk informasi lebih lanjut:

Jl. Kemang Timur Raya No. 23 Jakarta Selatan

Hotline: (021) 7195622, (021) 7195623

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: