KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Mempersiapkan Kehamilan; Menjaga Kesehatan

Posted on: Agustus 9, 2010

Kondisi jasmani yang fit  menjadi salah satu syarat utama dalam mempersiapkan kehamilan. Kenali beberapa infeksi yang berpengaruh besar pada kehamilan dan janin, hindari, dan periksakan diri dan pasangan sedini mungkin.

TOKSOPLASMOSIS

adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondi. Parasit ini ditemukan pada manusia , mamalia dan burung. Dan kucing adalah tuan rumah yang paling umum. Penularan  Toksoplasma bisa melalui tanah, kotoran kucing dan daging yang kurang matang.
wanita hamil yang menderita toksoplasma, berpotensi besar menularkannya pada janin.

Apabila seorang ibu hamil terinfeksi dan sistem kekebalannya kalah oleh virus, maka kehamilan beresiko gugur, atau bayi terancam lahir premature atau lahir dengan terinfeksi TORCH. Selain itu bayi juga terancam memiliki kelainan pada mata, telinga, jantung, otak, saraf , limpa sampai masalah keterbelakangan mental.

RUBELA

Atau sering disebut dengan Campak Jerman merupakan infeksi menular yang di sertai ruam. Penyakit ini di sebabkan oleh Virus yang beredar melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Ibu yang menderita rubela juga beresiko menularkan virus tersebut pada janinnya.

Pada orang dewasa gejalanya hanya demam ringan, pusing, pilek , mata merah dan ruam. Untungnya jika sudah pernah terinfeksi rubella, tubuh akan menjadi kebal dan tidak akan pernah terserang campak jerman lagi. Untuk memastikan apakah benar benar kebal, maka diperlukan tes TORCH

Apabila ternyata belum kebal, dokter akan segera memberikan vaksinasi. sebaiknya setelah vaksinasi anda menunda rencana kehamilan selama minimal 3 bulan.
tapi apabila kehamilan terjadi tak lama setelah vaksinasi, maka tidak perlu khawatir, karena sampai saat ini belum ada laporan bayi yang lahir cacat akibat vaksinasi.

CYTOMEGALO

Infeksi akut ini disebabkan oleh cytomegalovirus (CMV) atau virus Epstein Barr, yang keduanya adalah termasuk keluarga herpes. Infeksi ini menular melalui ludah, pernapasan, transfusi darah dan hubungan seksual.
Gejalanya adalah demam, sakit tenggorokan ruam dan rasa letih.

Dokter akan memberikan CMV immungoblin untuk mengobatinya. Jika dalam keadaan hamil, biasanya dokter akan memeriksa air ketuban atau darah janin, untuk mengetahui apakah janin terinfeksi oleh virus tersebut atau tidak.. Pemeriksaan ini di lakukan setelah minggu ke 21 dan tujuh minggu setelah anda terdiagnosis.

HERPES

Infeksi Herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks yang terbagi dalam dua jenis. yakni herpes orofacial dan genetalia.
kedua infeksi ini bisa menular melalui pertukaran udara atau kontak seksual.
setelah seseorang terinfeksi akan timbul gejala seperti pusing, letih, nyeri pada saat buang air, ruam dan gatal gatal.

infeksi yang herpes dapat menggangu kehamilan adalah herpes genetalia. menyebabkan jalan lahir janin terganggu. dan bila janin dilahirkan melalu vagina, ia akan beresiko tertular herpes. kemungkinan besar bayi akan lahir secara prematur atau keguguran.

Jadi, jaga kesehatan anda dan rencanakan kehamilan dengan tepat.

1 Response to "Mempersiapkan Kehamilan; Menjaga Kesehatan"

wah ini artikel yang cari, informasi ini sangat penting buat saya, khususnya bagi calon ibu muda yang akan mempersiapkan kehamilannya atau ingin menjadi calon ibu.

maka perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hamil, terutama kesiapan mental, makanan yang bergizi, berat badannya juga perlu dipersiapkan……thanks sudah berbagi informasi salam kenal……

Bali Villa, Bali Villas, Bali Property

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: