KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Ibu Hamil Wajib Minum Susu

Posted on: November 30, 2012

Mengkonsumsi asupan bergizi seimbang, tentu wajib bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan dan yang sedang mengandung. Sebagai salah satu kompenen pembentukan sel pada janin, zat-zat yang terkandung dalam asupan yang dikonsumsi ibu memiliki peran dalam pembentukan sistem saraf dan hormon. Nutrisi ibu hamil secara langsung mempengaruhi jalannya kehamilan dan perkembangan janin secara normal, dan juga kesehatan jangka panjang ibu dan anak.

Karbohidrat, protein, asam folat, kalsium dll menjadi zat-zat yang porsi asupannya menjadi lebih tinggi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, tidak jarang ibu hamil yang menolak untuk mengkonsumsi susu. Padahal, manfaat susu sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu dan pembentukan janin.

Susu dan produk olahannya seperti yogurt, keju, dan mentega mengandung zat gizi utama yang penting bagi ibu dan janinnya. Berikut adalah kandungan gizi dan manfaatnya  yang terkandung dalam susu:

Image

  1. Kalsium. Fungsi utama dari kalsium adalah untuk membuat tulang dan gigi anda menjadi kuat, mempersiapkan ASI, membekukan darah serta menjaga aliran darah dan fungsi sistem saraf. Untuk janin, zat ini berfungsi untuk pembentukan tulang dan giginya. Hal yang terjadi jika ibu hamil tidak cukup mengkonsumsi kalsium adalah, tubuh dan janin akan mengambil simpanan kalsium dari tulang ibu hamil. Hal ini akan membuat kepadatan tulang menjadi berkurang (osteoporosis).
  2. Protein. Manfaat protein bagi ibu hamil adalah untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh (otot, tulang, mata, kulit, jantung, dan hati), membantu pembentukan darah, produksi cairan ketuban dan plasenta, serta membentuk antibodi.
  3. Vitamin D. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap kalsium dalam darah, yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan jaringan sel bayi.
  4. Zat Besi. Manfaat zat besi bagi ibu dan janinnya adalah untuk membentul sel darah merah.
  5. Vitamin A. Manfaat vitamin ini adalah untuk pembentukan tulang dan jaringan pada janin (gigi, rambut, kuku, penglihatan), membentuk enamel pada gusi, serta membentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang terbiasa mengkonsumsi susu tanpa lemak (non-fat), bahwa mengkonsumsi susu non fat pada saat hamil, akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin A, D, E, dan K. Karena kandungan lemak pada susu justru menjadi sumber energi dan membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut. Jadi, berikan yang terbaik dari anda untuk makhluk kecil di dalam tubuh anda.

2 Tanggapan to "Ibu Hamil Wajib Minum Susu"

Ingin bertanya, susu seperti apa yg hrs d konsumsi bumil? Apakah harus susu ibu hamil/tdk? Trmksh..

Dear Tanaya,

Susu yang dikonsumsi untuk ibu hamil, tidak harus susu khusus ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: