KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Posted on: Maret 13, 2013

Image

Pada saat seorang wanita dinyatakan positif hamil, saat itulah segala asupan ibu, dari mulai makanan dan/atau minuman sampai kepada jenis aktifitas harus mempertimbangkan kondisi kesehatan janin. Di bawah ini adalah hal-hal yang sepatutnya dihindari oleh ibu hamil:

Merokok Pasif & Aktif

Saat hamil, berhenti merokok atau berdekatan dengan orang-orang yang sedang merokok adalah wajib! Karena, dalam sebatang rokok (dan asap yang dihasilkannya), mengandung sekitar 500 racun yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Minum Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol (meski yang kadarnya sangat sedikit pun) bukan hanya berisiko ibu hamil mengalami keguguran. Tapi jika calon bayi selamat, umumnya mereka akan mengalami gangguan fungsi otak yang membuatnya kurang bisa berkonsentrasi, mengalami gangguan ingatan dan belajar, serta sulit bersosialisasi.

Makan Daging Mentah atau Setengah Matang

Bagi penggemar steak yang setengah matang atau penggemar berat sushi, saat hamil, adalah wajib untuk menghindari makanan yang masih mentah atau setengah matang. Dalam makanan tersebut, dikhawatirkan mengandung virus toksoplasma yang bisa menyebabkan infeksi pada janin hingga risiko calon bayi meninggal dalam kandungan.

Minum Minuman Berkafein

Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, tapi juga teh, soft drink, bahkan minuman cokelat. Meminum minuman berkafein secara berlebihan, berefek negatif pada bumil di masa trimester pertama karena bisa mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Kafein juga bisa membuat rasa panas dan perih pada lambung yang bisa membuat bumil mengalami gangguan tidur. Hal ini sangat berbahaya karena perkembangan janin sedang dalam tahap maksimal di saat ibu hamil sedang tidur di malam hari.

Konsumsi Obat & Vitamin

Saat hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi obat-obatan tanpa melalui konsultasi dan resep dari dokter. Meskipun obat yang akan dikonsumsi tertulis aman untuk ibu hamil, namun reaksi obat bisa berbeda-beda pada setiap orang. Begitu juga dengan vitamin, jangan pernah meminumnya secara berlebihan melebihi dosis yang diberikan dokter. Kelebihan vitamin A dan D, misalnya, justru akan membuat bayi mengalami cacat lahir.

Mengangkat Beban Berat

Saat mengangkat benda atau beban yang sangat berat, biasanya janin akan mengalami tekanan dan dapat membahayakan keselatamannya. Hormon saat hamil juga membuat persendian ibu hamil menjadi lebih longgar sehingga lebih mudah mengalami nyeri punggung setelah mengangkat benda yang sangat berat. Saat kehamilan sudah makin membesar, bumil juga lebih berisiko mudah jatuh yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau plasenta terlepas.

Sumber: Fimela.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: