KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Prenatal Yoga; Pilihan Olahraga untuk Ibu Hamil

Posted on: April 8, 2013

Kehamilan menyebabkan banyak pada perubahan, baik secara fisik maupun psikologis. Tubuh menjadi kurang fit, pegal-pegal pada kaki, tulang punggung, sakit kepala, dll menjadi keluhan umum ibu hamil. Tidak hanya itu, pada saat hamil, kecemasan yang berlebihan, menangis tanpa alasan, lebih mudah tersinggung, dll pun seringkali menghinggapi.

Olahraga adalah salah satu alternatif untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut. Jalan santai, senam kehamilan, berenang, dan prenatal yoga adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Secara garis besar, semua manfaat olahraga kehamilan adalah untuk menjaga tubuh ibu hamil agar tetap bugar. Namun, tidak banyak yang cukup mengenal manfaat-manfaat dari prenatal yoga.

Image

Prenatal Yoga adalah program yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Program ini menekankan pada teknik – teknik postur yoga, olah napas, rileksasi, teknik – teknik visualisasi dan meditasi yang berguna sebagai media self help yang akan memberi kenyamanan, ketentraman, sekaligus memperkuat diri saat menjalani kehamilan. Dengan kata lain, program ini akan membantu  mempersiapkan calon ibu secara fisik, mental, dan spiritual untuk menghadapi masa persalinan.

Beberapa manfaat berlatih yoga selama kehamilan diantaranya:

Manfaat fisik :

1.    Melatih postur tubuh yang baik, tegap, dan kuat di sepanjang kehamilan.
2.    Melancarkan aliran darah. Memperlancar suplai oksigen, nutrisi dan vitamin yang didapat dari  makanan ke janin.
3.   Menguatkan otot punggung, membuatnya lebih kuat untuk menyangga beban kehamilan dan menghindarkan dari cedera punggung atau sakit pinggang.
4.    Melatih otot – otot dasar panggul – perineum – yang berfungsi sebagai otot kelahiran, untuk kuat menyangga beban kehamilan dan juga menyangga kandung kemih dan usus besar. Semakin elastis otot dasar panggul, semakin mudah untuk menjalani proses kelahiran dan semakin cepat pula proses pemulihan pasca melahirkannya.
5.    Membantu mengurangi/mengatasi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti morning sickness, sakit punggung, sakit pinggang, weak bladder, heartburn, konstipasi/sembelit, dll.

Manfaat mental :

1.    Menggunakan teknik – teknik pernapasan yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan pikiran. Sebagai media self help yang akan membantu saat dilanda kecemasan dan ketakutan, atau saat perhatian tercerai berai atau saat perhatian terjebak dalam kemacetan lalu lintas pikiran.
2.    Menggunakan teknik – teknik pernapasan yoga untuk beristirahat sejenak di saat jeda antara dua kontraksi, untuk mengumpulkan energi dan prana.
3.    Menggunakan teknik – teknik relaksasi untuk menginduksi rasa nyaman dan rileks di sepanjang kehamilan dan saat melahirkan. Menjaga otot – otot tubuh tetap rileks saat melahirkan.

Manfaat spiritual :

1.    Menggunakan teknik – teknik pemusatan pikiran dan meditasi yang bermanfaat untuk berkomunikasi dengan sang buah hati dan meningkatkan keterikatan/bonding dengannya.
2.    Meningkatkan ketenangan dan ketentraman batin selama menjalani kehamilan.
3.    Memandang segala sesuatu secara apa adanya, membantu saat ketakutan melanda untuk tidak terkuasai oleh rasa takut.
4.    Meningkatkan inner peace, penerimaan diri dan kepasrahan saat melewati semua kesulitan dalam proses kehamilan dan kelahiran.
5.    Meningkatkan kemampuan untuk merasa bahagia.

Sumber: Yogaleaf.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: