KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Babymoon; Romantisme Berlibur untuk Pada Masa Kehamilan

Posted on: Mei 4, 2013

Image

Istilah Babymoon akhir-akhir ini semakin sering didengar. Secara garis besar, babymoon mengadopsi konsep honeymoon.  Ketika memutuskan untuk melakukan liburan, hal penting yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan waktu yang tepat. Saat paling aman untuk babymoon adalah ketika usia kehamilan memasuki trimester ke dua. Karena, pada trimester pertama gangguan kehamilan seperti rasa mual dan pusing biasanya masih terasa. Memperhatikan usia kandungan ini penting demi kenyamanan berlibur. Selain dilakukan pada saat kehamilan, babymoon juga bisa diterapkan setelah ibu melahirkan. Biasanya babymoon pasca melahirkan dilakukan sebelum bayi berusia 40 hari.

Manfaat lain dari babymoon adalah membantu ibu sembuh setelah melahirkan. Babymoon membuat lebih rileks dalam menghadapi kelahiran dan mengurus si kecil, hal ini ternyata mengurangi pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan.

Tips dalam ber-Babymoon :
a. Jika melakukan perjalanan dengan dalam mobil, pastikan pasang sabuk pengaman dengan tepat. Yaitu tepat pada tulang bahu, pinggul dan perut bagian bawah. Jika terjadi rem mendadak, perut ibu akan terlindungi dengan baik.

b. Selama perjalanan, pastikan setiap dua jam, mobil berhenti dan ibu bergerak. Itu agar sirkulasi darah tetap lancar dan tidak terjadi pembekuan darah. Luruskan kaki dan keluarlah dari mobil, agar Anda terhindar dari kram pembengkakan.

c. Menghirup udara segar sesekali jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

d. Sediakan makanan dan minuman yang cukup di mobil.

e. memastikan akses rumah sakit terdekat, atau setidaknya klinik. Ini perlu untuk mengantisipasi gangguan kehamilan tak terduga.

Pada dasarnya, Babymoon dapat dilakukan oleh semua ibu hamil, namun tidak ada salahnya sebelum melakukannya, ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Selamat ber-Babymoon, mommies!

Sumber: Fimela

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: