KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Hypnobreastfeeding; Sebuah Solusi untuk Kelancaran Memberikan ASI

Posted on: Juni 3, 2013

Image

Menyusui adalah sebuah momentum berharga bagi ibu dan bayinya. Berbagai tantangan seringkali menghinggapi ibu dalam masa-masa memberikan ASI. Hypnobreastfeeding, dapat dimanfaatkan sebagai sebuah jalan keluar agar si kecil tetap mendapatkan yang terbaik dari ibunya.

Hypnobreastfeeding berasal dari dua kata: hypnos (tidur/pikiran tenang) dan breastfeeding (proses menyusui). Hypnobreastfeeding adalah upaya alami menggunakan energi bawah sadar untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk tumbuh kembang bayi. Alami di sini berarti tidak menggunakan zat-zat kimia, sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Manfaat hypnobreastfeeding:

  1. Mengurangi kecemasan di masa baby blues. Ibu jadi lebih fokus pada hal-hal positif, sehingga produksi ASI bisa optimal.
  2. Meningkatkan percaya diri, sehingga ibu lebih nyaman dalam menjalankan perannya.
  3. Mengurangi kerewelan bayi. Jika ibu tenang, otomatis bayi akan terbawa untuk tenang dan lebih jarang menangis.

Tekhnik melakukan hypnobreastfeeding:

Seluruh otot tubuh ditegangkan, lalu direlaksasikan mulai dari ujung kepala sampai ke ujung jari kaki. Setelah otot relaks, berikutnya giliran napas yang direlakskan. Banyak orang tidak menyadari bahwa napasnya cepat dan dangkal. Dengan latihan ini, ibu bisa berlatih sehingga nafas menjadi lebih pelan dan dalam. Berikutnya adalah relaksasi pikiran. Memfokuskan pikiran kepada situasi ‘here and now’, lalu, mengucapkan kalimat-kalimat afirmatif yang dapat membantu pikiran menjadi positif, seperti: “Saya mampu memberikan ASI pada bayi saya.” Atau “ASI saya mengalir deras untuknya.”

Secara garis besar, keberhasilan dan kelancaran memberikan ASI bergantung penuh pada niat ibu. Jika banyak alasan dan kendala untuk menghentikan pemberian ASI, maka ada berbagai jenis solusi untuk mengatasinya. Selamat memberikan yang terbaik, Ibu!

 

 

Sumber: ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: