KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Manfaat Menghitung Tendangan Janin

Posted on: Juni 3, 2013

Image

Menghitung jumlah gerakan atau tendangan janin, merupakan hal yang penting. Melalui ini, kesehatan janin dapat diperkirakan dan berperan untuk meningkatkan keterikatan atau bonding antara ibu dengan janin. Penghitungan tendangan, dapat mulai dilakukan sejak usia kehamilan 28 minggu (7 bulan) sampai masa persalinan.

Umumnya, gerakan bayi mulai bisa dirasakan oleh ibu sejak usia kehamilan 16-24 minggu. Namun, kondisi ini bisa jadi tidak dialami oleh beberapa ibu, karena perbedaan jumlah kehamilan sebelumnya, tebal lemak, dan posisi plasenta. Bila posisi plasenta di rahim bagian depan atau ibu dengan lemak yang tebal, maka ibu akan merasakan gerakan janin lebih jarang. Ibu dengan kehamilan pertama pada umumnya lebih lambat mengenali gerakan janin dibandingkan ibu dengan kehamilan ke dua atau ke tiga.

Pada kehamilan trimester ketiga (32-41 minggu), gerakan janin akan terasa berkurang. Hal ini disebabkan ruangan janin untuk bergerak makin terbatas karena janin semakin besar. Pada umumnya janin sudah tidak bergerak memutar, melainkan gerakan tendangan ekstremitas atau kepala dan bokong.

Yuk, Ibu yang sedang menunggu persalinan, mulai sensitif menghitung tendangan si kecil! Happy counting, mommies!

Sumber: Ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: