KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Perut Tetap Besar Pasca Melahirkan? Jangan Khawatir!

Posted on: Juni 3, 2013

Image

Bagi beberapa ibu, mungkin terkejut melihat perutnya pasca melahirkan. Meskipun buah hati telah lahir, perut masih tampak besar seperti saat hamil. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena  memang butuh waktu bagi tubuh, terutama perut untuk benar-benar kembali pada bentuk asalnya pasca melahirkan.

Saat bayi lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Dibutuhkan enam hingga delapan minggu untuk mengembalikan rahim ke ukuran semula. Kabar baiknya, stretch mark yang timbul pra-kehamilan biasanya akan memudar dari 6 sampai 12 bulan setelah melahirkan. Pigmentasi akan terjadi lebih mudah dan biasanya permukaanya menjadi lebih ringan dari kulit disekitarnya, tapi teksturnya tetap sama.

Pada dasarnya, wanita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali kepada bentuk ideal tubuhnya. Perut memerlukan sembilan bulan perenggangan untuk menampung bayi.  Jadi,  masuk akal bila untuk mengencangkan kembali bentuk perut diperlukan waktu berbulan-bulan. Kecepatan dan tingkat transisi ini tergantung pada ukuran tubuh normal ibu, berapa banyak berat badan yang diperoleh selama kehamilan, seberapa aktif, dan gen.

Wanita yang mengalami kenaikan 13 kg dan berolahraga secara teratur selama kehamilan, menyusui, dan baru memiliki satu anak lebih mungkin untuk langsing dengan cepat.

Cara Mengembalikan Bentuk Perut
– Menyusui. Pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan, wanita yang menyusui membakar kalori ekstra untuk membuat susu, sehingga mereka bisa kehilangan berat kehamilan lebih cepat daripada wanita yang tidak menyusui. Menyusui memicu kontraksi yang dapat membantu mengecilkan rahim.

– Olahraga. Berjalan kaki dan yoga pasca melahirkan merupakan contoh olahraga yang dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan bentuk perut. Olahraga teratur seperti aerobik dan melakukan gerakan yang fokus pada perut juga dapat membuat perut kembali ke bentuk semula. Namun untuk melakukan olahraga ini sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter, kapan boleh dilakukan, apalagi jika melahirkan melalui operasi caesar.

– Pada beberapa wanita yang sudah melahirkan lebih dari satu kali, biasanya teradapat kondisi diastasis recti yaitu dimana pada awal kehamilan ada tambahan kulit dan jaringan lunak pada dinding perut. Konsultasikan ke dokter, bagaimana memperbaiki diastasis recti setelah melahirkan si buah hati.

Sumber: detikhealth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: