KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Suami Berperan Penting dalam Keberhasilan Istri Memberikan ASI

Posted on: Juni 11, 2013

Image

Moment menyusui, adalah ‘golden moments’ untuk bayi dan orang tuanya. Orang tua dalam hal ini, bukan hanya ibu, melainkan juga melibatkan peran serta ayah. Dukungan suami kepada istrinya yang sedang dalam masa menyusui, merupakan hal utama dalam keberhasilan terpenuhinya pemberian ASI untuk si buah hati. Namun, tidak dipungkiri, masih banyak para suami yang belum cukup teredukasi tentang manfaat ASI. Atau tidak tahu bentuk dukungan seperti apa yang bisa dilakukan. Berikut adalah contoh keterlibatan suami dalam memberi dukungan bagi istrinya yang sedang dalam masa menyusui:

a. Menciptakan suasana positif. Hal pertama yang bisa dilakukan suami untuk menyukseskan menyusui adalah dengan menciptakan atmostir menyusui yang positif. Jadi tidak hanya setuju dengan istri menyusui bayi, tapi  juga menciptakan suasana yang mendukung istri untuk menyusui. Pandangan ini akan mempengaruhi pasangan dalam membuat prioritas untuk istri dan bayi. Misalnya saat ketika akan bepergian akan mencari tempat yang menyediakan ruang laktasi sehingga  bayi akan tetap bisa menyusu pada sang ibu.

b. Memberikan semangat dalam bentuk afirmasi positif. Kendala yang biasa dialami ibu saat menyusui adalah hilang kepercayaan diri kalau dia bisa menyusui. Misalnya, bila sang ayah sampai mengatakan “Sepertinya bayi masih lapar, mungkin perlu tambahan susu formula” bisa runtuh kepercayaan diri untuk menyusui. Suami adalah orang yang dipercaya istri, jadi suami harus ingat untuk bersikap positif selama istri menyusui.
Menyusui tidak hanya melelahkan secara fisik, tapi secara emosional juga menuntut. Apalagi pada masa awal menyusui ibu menghadapi banyak kendala, ASI tidak keluar bahkan bisa sampai mengalami baby blues. Istri membutuhkan dukungan dan semangat dari pasangan. Hujani istri dengan pujian, penghargaan atas usahanya, dan kata-kata yang bisa membangkitkan semangat istri untuk tidak menyerah dan berhenti menyusui.

c. Ingatkan istri bahwa dirinya masih terlihat menarik. Ungkapan dalam bentuk pujian-pujian kecil, bisa membangun rasa percaya diri istri dan mengurangi stressnya.

Tentunya, bentuk-bentuk dukungan seperti diatas tidak hanya dibutuhkan pada awal masa menyusui. Bentuk dukungan lainnya juga dapat diberikan dengan memberikan hadiah-hadiah kecil yang dapat membuat pasangan merasa dicintai dan diperhatikan.  Selain itu, suami  juga harus ingat, tidak mudah memberi semangat bila sang istri tampaknya tidak menghargai dukungan pasangannya. Ada kalanya dalam keadaan stress, istri justru marah-marah saat dipuji. Suami pun bingung, sebenarnya istri masih ingin mendengar dukungan Anda atau tidak. Ketika menghadapi situasi dimana suami tidak tahu bagaimana cara mendukung pasangan katakan “Saya tidak tahu perkataan apa yang terbaik, tapi saya selalu mendukung apapun keputusanmu.”

Sumber: Ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: