KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Tips Mudik Ibu Hamil

Posted on: Agustus 5, 2013

Image

Tradisi mudik untuk menemui keluarga tercinta di kampung halaman, seolah menjadi hal yang ‘wajib’ dilakukan oleh beberapa orang. Namun bagi ibu hamil, mudik bisa menjadi hal yang sangat melelahkan.  Terutama jika perjalanan ditempuh melalui jalur darat dan jarak tempuh yang jauh. Waktu yang realtif ‘nyaman’ jika seorang ibu hamil memutuskan untuk mudik, umumnya pada saat kehamilan di trimester 2 (18-24 minggu). Karena, di masa tersebut, selain masa genting pembentukan janin sudah terlewati, beberapa ‘keluhan’ seperti mual, muntah, dan pusing juga mulai hilang.

Berikut adalah tips mudik bagi ibu hamil:

  1. Wajib mengkonsultasikan rencana mudik ke dokter. Bila mendapat lampu hijau, minta dokter melengkapi buku catatan kesehatan milik Anda dan meresepkan beberapa jenis obat yang biasa Anda konsumsi. Hal ini untuk menjaga bila ibu hamil harus mengunjungi dokter di tempat mudik.
  2. Mencari rekomendasi dokter dan rumah sakit di tempat tujuan.
  3. Lakukan imunisasi bila akan bepergian ke daerah endemis penyakit tertentu.
  4. Bekali diri dengan identitas yang jelas dan nomor telepon penting yang bisa dihubungi bila terjadi sesuatu. Letakkan di tempat yang jelas terlihat, misalnya digantungkan pada tas tangan.
  5. Perhatikan isi perut. Makan dulu di rumah, bila perlu bawa bekal roti sandwich atau kroket daging dan sayuran, serta jus buah. Pada hari-hari ini, biasanya restoran penuh atu pilihan makanan kurang memenuhi asupan gizi ibu hamil .
  6. Pastikan cukup konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi.
  7. Istirahat. Bila tempat tujuan tidak terlalu jauh, mobil pribadi adalah pilihan kendaraan terbaik. Selama dalam perjalanan, berhenti minimal setiap 2 jam sekali,untuk beristirahat melemaskan otot-otot. Pilih tempat istirahat yang nyaman dan aman,misalnya di rumah makan atau pombensin besar. Turunlah dari mobil, lalu berjalan kaki berkeliling atau melakukan peregangan ringan selama kurang lebih 10-20 menit agar aliran darah lancar.
  8. Utamakan kebersihan. Selalu perhatikan kebersihan diri lingkungan sekitar. Datangi restoran yang memiliki standar sanitasi tinggi. Hindari tempat makan di tempat yang sanitasinya kurang baik. Cuci bersih buah dan lalapan yang akan dikonsumsi.

Selamat Merayakan Hari Raya dan nikmati moment berkumpul dengan keluarga, Ibu!

 

Sumber: Ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: