KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Tips Mudik Ibu Menyusui

Posted on: Agustus 5, 2013

Image

Bagi ibu yang masih dalam masa menyusui dan ingin melakukan mudik, merupakan tantangan tersendiri. Ibu wajib memperhatikan kondisi tubuhnya agar produksi ASI tidak terganggu.  Beberapa tips di bawah ini, perlu diperhatikan bagi ibu yang sedang menyusui yang memtuskan untuk mudik:

  1. Hindari stress. Umumnya, perjalanan mudik ‘diwarnai’ dengan kemacetan panjang yang menyebabkan waktu tempuh menjadi lebih lama. Stress dapat menyebabkan terganggunya produksi ASI. Untuk menghindarinya, jika perjalanan mudik dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, ibu dapat menyempatkan diri untuk berhenti sebentar, menghirup udara segar dan melakukan peregangan ringan. Hal ini selain berguna untuk kenyamanan ibu, juga memberikan kesempatan bagi si kecil untuk ikut rileks.
  2. Pastikan membekali diri dengan makanan bergizi cukup dan air putih yang banyak.
  3. Memilih pakaian yang didesain khusus bagi ibu menyusui.  Pilihlah pakaian khusus menyusui yang longgar dari bahan katun, agar mudah menyerap keringat.
  4. Memakai bra khusus. Dengan bra khusus ibu menyusui, memudahkan ibu untuk menyusui dengan nyaman. Hindari mengenakan bra yang menggunakan penyangga dari kawat.
  5. Selalu menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum menyusui dan mengganti bra jika ibu berkeringat.

 

Sumber: Fimela

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: