KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Kolostrum; Cairan Penuh Manfaat Bagi Bayi

Posted on: Oktober 14, 2013

Beberapa hari pertama setelah persalinan, payudara ibu akan mengeluarkan cairan kental, lengket, dan berwarna kekuning-kuningan. Cairan ini, dikenal sebagai Kolostrum. Kolostrum merupakan nutrisi pertama dan paling penting bagi bayi yang baru lahir, karena mengandung sejumlah besar antibodi yang melindungi bayi dari infeksi dan pematangan saluran pencernaan.

Pematangan saluran pencernaan menolong bayi mencerna dan menyerap nutrisi yang terkandung dalam ASI, serta mencegah penyerapan protein yang tidak bisa dicerna oleh bayi. Maka, jika bayi yang baru lahir diberikan asupan pertama selain kolostrum, usus bayi bisa rusak, yang dapat mengakibatkan alergi.

Kolostrum juga mengandung protein, vitamin A dan K yang lebih tinggi dibandingkan ASI yang dikeluarkan kemudian. Umumnya, seorang ibu yang baru melahirkan, akan mengeluarkan kolostrum sebanyak 30-90 ml. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan energi bayi selama beberapa hari pertama setelah persalinan.

Manfaat penting lain dari kolostrum adalah sebagai pencahar ringan. Artinya, cairan ASI ini merangsang dikeluarkannya tinja pada bayi setelah persalinan. Dimana, hal ini berfungsi untuk:

  1. Membersihkan saluran pencernaan bayi, dengan mengeluarkan tinja pertama yang berwarna gelap yang disebut mekonium.

2. Mencegah bayi menjadi kuning (jaundice), yaitu dengan membersihkan bilirubin dari saluran cerna. Bilirubin adalah pigmen   oranye-kekuningan di dalam hati yang terbentuk karena pecahnya hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Meningkatnya kadar bilirubin dalam darah menyebabkan tubuh berwarna kuning.

Tentunya, masih banyak lagi manfaat kolostrum bagi bayi. Oleh karena itu, hilangkan ketakutan akan ketidakmampuan menghadapi tantangan untuk menyusui bayi anda. Kolostrum tidak didapat dari susu formula terbaik manapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: