KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Pengambilan Cuti Hamil dan Tipe Pekerjaan

Posted on: November 18, 2013

Image

Pengambilan cuti pada ibu hamil, tidak bisa serta merta dipukul rata begitu saja. Jenis pekerjaan yang dijalani sehari-hari, mempengaruhi kapan sebaiknya cuti untuk melahirkan diambil. Hal penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil yang bekerja adalah kesehatan janin dan keselamatan ibu. Jadi, konsultasikan dengan bagian personalia tempat ibu bekerja dan meminta surat dari dokter jika diperlukan untuk menjelaskan kondisi ibu.

Berikut adalah pertimbangan waktu untuk ambil cuti atau memodifikasi kerja saat hamil?

1. Jika pekerjaan membutuhkan berdiri dalam jangka lama, dianjurkan mengambil cuti paling cepat usia 24 minggu atau memodifikasi kerja. Kapan tepatnya tergantung dari kondisi, berapa jam harus berdiri, berapa lama bisa istirahat dan sesuai kondisi kesehatan.

2. Membungkukkan atau melengkungkan badan di bawah lutut dapat menjadi masalah. Jika ini menjadi bagian dari pekerjaan, pertimbangkan cuti atau modifikasi kerja paling cepat usia 20 minggu kehamilan.

3. Jika naik turun tangga menjadi bagian kerja, disarankan cuti paling cepat pada usia kehamilan 20-28 minggu tergantung kondisi kesehatan.

4. Jika mengangkat benda berat adalah bagian pekerjaan Anda, pertimbangkan untuk ambil cuti secepatnya pada kehamilan 20 minggu

5. Faktor risiko lain adalah suasana panas berlebihan dan kerja berat. Apabila pekerjaan mengharuskan berhadapan dengan zat kimia, gas, debu, asap, radiasi, dan penyakit infeksi,

Sangat dianjurkan untuk mendiskusikan dengan dokter kapan sebaiknya mengambil cuti. Pertimbangkanlah berapa lama “tahan” bekerja, stres dalam pekerjaan, dan kemampuan untuk menangani tanggung jawab lain di rumah.

Sumber:

Sahabatnestle.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: