KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Menjelang Kehadiran Buah Hati

Posted on: Januari 8, 2014

Menyambut kedatangan Sang buah hati, tentunya menjadi momen spesial bagi ibu dan anggota keluarga lainnya. Terkadang, karena terlalu antusias, seakan-akan hal tersebut justru menjadi hal yang membingungkan. Hal-hal dasar di bawah ini, dapat membantu anda mengenai apa saja yang sepatutnya dipersiapkan untuk menyambut kedatangan buah hati di rumah.

Membersihkan Rumah

Mempersiapkan kamar, pakaian bayi dan perlengkapannya, 1 bulan sebelum perkiraan tanggal persalinan, dengan menatanya bersama dengan suami, dapat memudahkan anda untuk merasa ‘familiar’ dengan suasana baru ketika anda dan bayi memasuki kamar tersebut, sepulangnya dari Rumah Sakit. Tidak ada salahnya meminta bantuan suami dan orang tua atau asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah menjelang kedatangan anda dan bayi dari Rumah Sakit. Tentunya ketika memasuki rumah dan kamar yang bersih dan rapi dapat membuat ibu merasa nyaman.

Welcoming baby

 

Menyiapkan Makanan

Kegiatan memasak akan menjadi suatu kegiatan yang tiba-tiba menjadi sulit dilakukan ketika sang buah hati sudah mulai menyitawaktu luang anda. Beberapa hal untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan mempersiapkan beberapa makanan yang sudah hampir siap saji di freezer anda beberapa minggu menjelang tanggal perkiraan persalinan. Misalnya, menyimpan ayam yang sudah dibumbui, sehingga nantinya anda tinggal menggorengnya pada saat dibutuhkan. Selain itu, anda juga dapat memenuhi lemari cemilan anda dengan cemilan-cemilan sehat, seperti biskuit gandum, granola bars, dll.

 

Cari ‘Me-Time’ Anda

Setelah persalinan, umumnya ibu akan kesulitan mencari waktu luang untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya, beberapa hari menjelang waktu prediksi persalinan, anda menyempatkan diri untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya dengann pergi ke SPA yang memberikan layanan relaksasi bagi ibu hamil.

Have Fun!

Manfaatkan ‘jatah’ cuti hamil anda untuk berkumpul bersama teman-teman, sebelum anda melahirkan. Atau, ajak suami untuk makan malam romantis.

Merancang ‘Plan B’

Umumnya, pada saat persalinan, anda ingin dibantu oleh dokter kandungan kepercayaan anda dan suami. Namun, tidak ada salahnya merancang plan B, jika rencana yang diharapkan tidak dapat terpenuhi karena beberapa alasan darurat. Mencari bidan atau Rumah Sakit Bersalin terdekat dari tempat tinggal anda, lalu ‘berkenalan’ dengan dokter kandungan atau bidan, dapat membantu anda merasa nyaman ketika ‘Plan A’ tidak dapat terpenuhi.

Sumber: babycenter.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: