KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Gusi Berdarah Saat Kehamilan

Posted on: Februari 16, 2014

Image

Pembengkakan pada gusi, hingga menyebabkan gusi berdarah pada saat menggosok gigi, seringkali dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini adalah wajar, pada saat kehamilan. Gusi bengkak pada ibu hamil, pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, yang membuatnya lebih sensitif terhadap bakteri yang terdapat di dalam plak.

Beberapa benjolan-benjolan kecil, biasanya akan muncul pada gusi berdarah saat anda menyikat gigi. Bintil atau benjolan kecil ini disebut tumor kehamilan atau granuloma piogenik – nama menakutkan bagi sesuatu yang tidak berbahaya dan biasanya tidak nyeri. Tumor kehamilan sebenarnya dapat muncul di manapun pada tubuh Anda selama kehamilan, tetapi mereka muncul paling sering di area mulut.

Sebuah tumor kehamilan dapat tumbuh dengan ukuran hingga tiga-perempat inci dan lebih mungkin untuk muncul di daerah di mana ibu hamil memiliki gingivitis. Biasanya, menghilang setelah ibu hamil melahirkan. Tetapi jika tidak, dan menyebabkan ketidaknyamanan, mengganggu mengunyah atau menyikat gigi, atau mulai berdarah berlebihan, ibu hamil dapat menghilangkannya bahkan pada saat sedang hamil.

Gangguan pada gusi, memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi kehamilan, walaupun, hingga saat ini belum didapat bukti yang konsisten. Namun, banyak penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit gusi parah dan kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Dan juga, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan dengan preeklamsia. Namun, penelitian lain menunjukkan tidak ada hubungan antara penyakit gusi dan komplikasi serius.

Dalam kasus apapun, penting untuk merawat gigi dan gusi selama kehamilan. Jika ibu hamil  tidak mengobati gingivitis, hal tersebut bisa berkembang menjadi periodontitis, bentuk yang lebih serius dari penyakit gusi di mana infeksi dapat mempengaruhi jaringan lain yang mendukung gigi.

Apa yang harus dilakukan jika kondisi tersebut terjadi?

Pencegahan adalah kuncinya. Jagalah kebersihan mulut dengan baik dan lakukan perawatan gigi secara teratur:

• Sikat gigi secara menyeluruh namun lembut, setidaknya dua kali sehari (setiap habis makan jika memungkinkan) , menggunakan sikat berbulu lembut dan pasta gigi dengan fluoride .

• Gunakan Dental Floss setiap hari .

• Kunjungi dokter gigi atau periodontist untuk menghilangkan plak dan tartar. Hal ini perlu untuk dilakukan, karena plak dan tartar tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi. Pastikan untuk menginformasikan dokter gigi anda bahwa anda sedang hamil. Jangan menunda mengunjungi dokter gigi, jika mengalami sakit gigi, gusi berdarah yang berkepanjangan, gusi bengkak, dan bau mulut.

Sumber: Babycenter.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: