KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Milk Blister; Salah Satu Masalah Dalam Menyusui

Posted on: Februari 24, 2014

Image

Salah satu masalah umum laktasi (menyusui) adalah timbulnya Milk Blister pada puting ibu menyusui. Hal ini terjadi karena terbentuknya kulit baru, pada kulit puting yang lecet.
Pada saat proses pembentukan tersebut, terdapat sisa ASI yang menutupi pori-pori puting payudara, sehingga saat kulit terbentuk, saluran ASI tertutup. Milk blister muncul berupa sebuah bintil putih seperti jerawat yang mau pecah di atas puting payudara. Ibu yang mengalami milk blister biasanya akan merasakan sakit yang amat sangat saat bayi menyusu. Hal ini disebabkan karena saluran ASI tersumbat dan tidak menemukan jalan keluar saat ASI dihisap oleh bayi.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan saluran ASI. Yaitu, produksi ASI yang berlimpah atau tekanan di area tertentu, pelekatan tak sempurna, cara bayi menghisap dan masalah lidah seperti tongue-tied
Berikut beberapa cara untuk mengatasi penyumbatan saluran ASI (Milk Blister), yaitu:

a. Mengompres payudara dengan air hangat setiap kali akan menyusui. Secara berkala, setiap hari rendam payudara pada air larutan garam yang hangat untuk membuka kembali pori-pori puting yang tersumbat.

b. Bersihkan sisa ASI yang menghambat saluran. Gosok spot putih atau milk blister menggunakan waslap lembut. Jika penyumbat masih belum terangkat, tarik menggunakan jari-jari yang bersih. Jika kedua cara tersebut belum juga berhasil, bantuan jarum steril mungkin diperlukan. Setelah payudara dibersihkan dengan handuk hangat bersih, gunakan jarum steril untuk mengangkat kulit yang menyumbat, hingga saluran ASI terbuka. Bila Anda tak berani melakukannya, mintalah bantuan bidan atau ahi laktasi.

c. Tetaplah menyusui atau gunakan pompa ASI berstandar rumah sakit. Mulailah dengan payudara yang tersumbat, langsung setelah dikompres dengan waslap hangat.

Sumber: Ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: