KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Perhatikan Kenaikan Berat Badan Saat Hamil!

Posted on: Februari 24, 2014

Image

Bayi yang terlahir dengan berat badan lebih dari 4,500 gram, dapat dikategorikan ke dalam bayi dengan berat badan melebihi batas rata-rata berat badan lahir normal. Ada beberapa penyebab lahirnya bayi dengan berat badan tinggi. Tetapi, umumnya hal tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik dan tidak terkontrolnya kadar gula darah dari ibu hamil yang menderita diabetes gestasional atau diabetes melitus. Selain diabetes, faktor lain yang dinilai mempengaruhi adalah, obesitas, tingginya kenaikan berat badan ibu saat hamil, waktu persalinan yang melebihi tenggat perkiraan dokter, dan bahkan jenis kelamin bayi – bayi laki-laki lebih memiliki potensi dibandingkan bayi perempuan. Dan jika sebelumnya seorang ibu melahirkan bayi dengan berat badan tinggi, maka biasanya hal serupa akan terjadi pada kehamilan-kehamilan berikutnya.

Bayi dengan berat badan lahir yang tinggi, akan menyulitkan proses persalinan normal atau spontan. Umumnya, ibu akan mengalami robek perinial yang cukup panjang, kehilangan banyak darah, atau bahkan kerusakan pada tulang ekor. Biasanya, persalinan dengan kondisi bayi yang besar akan dilakukan melalui proses c-section atau cesar.

Kondisi bayi yang terlahir dengan berat badan di atas rata-rata, dapat menyebabkannya mengalami distosia bahu atau masalah pada tulang bahu yang disebabkan karena terjepitnya bahu bayi pada saat persalinan normal atau spontan.

Jadi, jaga kondisi kesehatan anda semasa menjalani kehamilan. Bukan hanya untuk anda pribadi, yang lebih penting adalah untuk bayi anda.

Sumber: babycenter.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: