KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

5 Efek Samping Kehamilan

Posted on: Maret 10, 2014

Image

Mulas, morning sickness, mengidam tak terkendali untuk beberapa jenis makanan – ini adalah efek samping kehamilan yang lazim dialami oleh ibu hamil. Beberapa wanita bahkan menghasilkan begitu banyak air liur dalam mulut mereka. Berikut adalah beberapa efek samping kehamilan lainnya yang mungkin dialami oleh ibu hamil:

1. Pica

Pica adalah kondisi dimana ibu hamil menginginkan barang-barang non-makanan seperti es, kapur, atau bahkan lumpur? Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan terjadinya mengidam ini, tetapi hal ini merupakan kombinasi dari faktor biokimia dan psikologis.

2. Hidung Tersumbat

20 sampai 30 persen wanita hamil mengalami pilek dan hidung tersumbat selama kehamilannya. Kondisi ini biasanya disebut sebagai Rhinitis kehamilan. Biasanya dimulai pada awal bulan kedua kehamilan dan dapat berlanjut sampai melahirkan atau bahkan beberapa minggu sesudahnya.

3. Produksi Air Liur Berlebih

Para ahli belum menemukan jawaban tepat mengapa banyak ibu hamil memproduksi air liur begitu banyak pada awal kehamilan, tetapi perubahan hormonal dan mual mungkin menjadi penyebab mengapa hal ini terjadi.

4. Nafas Pendek

Sering mengalami nafas pendek atau ngos-ngosan saat hamil, adalah hal yang normal terjadi. Terutama di minggu-minggu menjelang persalinan.

5. Pusing

Sepanjang kehamilan, sistem kardiovaskular dan tekanan darah mengalami banyak perubahan. Terkadang, tubuh ibu hamil lambat untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. Hal inilah yang menjadi penyebab ibu hamil sering merasa pusing.

Jika ke-5 hal tersebut sangat menganggu aktivitas ibu hamil, penting diingat untuk TIDAK langsung mengkonsumsi obat-obatan tanpa rujukan atau resep dari dokter kandungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: