KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Image

Stretch mark adalah garis-garis pada kulit yang paling sering ditemui di perut pada tahap akhir kehamilan ketika perut semakin membesar dikarenakan pertumbuhan bayi. Beberapa wanita juga mendapatkannya di bokong mereka, paha, pinggul, dan payudara.

Stretch mark disebabkan oleh perubahan dalam jaringan elastis yang terletak tepat di bawah kulit. Perubahan warna yang ditimbulkan pun bermacam-macam, mulai dari pink, coklat kemerahan, ungu, atau coklat gelap, tergantung pada warna kulit. Perlahan, stretch mark akan memudar, meskipun tidak  akan benar-benar hilang

Setidaknya 50 persen wanita hamil, akan memiliki stretch mark, tapi belum ada penelitian yang dapat memastikan kondisi seperti apa yang bisa menghindarkan seorang wanita hamil dari ‘hiasan’ stretch mark. Terlepas dari hal tersebut, berikut adalah beberapa faktor yang memungkinkan timbulnya stretch mark pada wanita hamil:

  • Beberapa penelitian menemukan bahwa faktor genetik memberikan ‘sumbangan’ akan timbulnya stretch mark. Jika ibu atau saudara perempuan Anda mengalami ini pada saat kehamilannya, maka kemungkinan besar Anda pun akan mengalaminya.
  • Kehamilan pada wanita berusia muda – umumnya pada usia kurang dari 25 tahun, lebih berpotensi untuk memiliki stretch mark
  • Kenaikan berat badan yang drastis
  • Kehamilan kembar
  • Ibu hamil dengan berat janin yang cukup besar (macrosomia baby)
  • Ibu hamil dengan volume air ketuban yang berlebih

Sayangnya, tidak banyak yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menghindari timbulnya stretch mark. Namun, setidaknya dengan menjaga lonjakan kenaikan berat badan, dapat memperkecil kemungkinan timbulnya stretch mark. Belum ada bukti yang pasti bahwa salah satu krim, salep, dan minyak yang mengklaim dapat benar-benar mencegah stretch mark.

Kabar baiknya, ‘hiasan’ kulit ini biasanya akan perlahan memudar (bukan hilang secara total) setelah 6 sampai 12 bulan paska persalinan. Pigmentasi akan memudar dan umumnya warnanya akan menjadi lebih terang dari pada kulit di sekitarnya (warna akan bervariasi tergantung pada warna kulit), tapi tekstur stretch mark akan tetap sama.

Image

Sumber: Baby center

Teman Setia Wanita; Stretch Mark

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: