KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Menjadi ‘Pelupa’ Saat Hamil

Posted on: Maret 14, 2014

lupa

 

 

 

 

 

 

Banyak ibu hamil mengeluhkan bahwa mereka mengalami penurunan memori jangka pendek dan kemampuan untuk berkonsentrasi selama kehamilan. Hal ini, umumnya disebabkan karena rasa berlebihnya rasa kekhawatiran atau kegembiraan akan petualangan baru ini.

Selain itu, sebuah hipotesis mengatakan bahwa meningkatnya jumlah hormon progesteron dan estrogen selama masa kehamilan membawa memberikan efek pada sel-sel saraf bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur daya ingat dan fungsi kognitif. Kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia juga dapat mengakibatkan oksigen yang dibawa darah ke otak tidak optimal dan mengganggu kerja otak.

Cara sederhana untuk mengatasi ‘serangan’ lupa pada masa kehamilan, antara lain adalah dengan mencoba mencari strategi untuk memudahkan mengingat hal-hal penting. Misalnya dengan membuat perencanaan (to-do list) di kalender yang diletakkan di tempat yang mudah terlihat. Cara ini dapat membantu untuk mengurangi tekanan ‘frustasi’ ibu hamil yang mengalami mamnesia (istilah untuk mama amnesia).

Menjadi pelupa pada masa kehamilan, bukan hal yang sangat mengkhawatirkan. Tetapi, bukan juga untuk tidak diperhatikan. Ketika hal tersebut berujung kepada lonjakan emosi yang ekstrim-menjadi sangat sedih dan mudah marah-hampir setiap hari, maka konsultasikanlah masalah tersebut dengan pasangan dan/atau dengan dokter agar dapat langsung mendapat penanganan yang semestinya. Karena, bisa jadi itu menjadi pertanda ibu hamil mengalami depresi.

Sumber: Babycenter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: