KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Sekilas Mengenai Varises

Posted on: Maret 14, 2014

Image

Varises adalah pembuluh darah yang membengkak dan sedikit menonjol dekat permukaan kulit. Berwarna biru atau ungu, kadang-kadang berlekuk-lekuk yang umumnya muncul di kaki, pada beberapa kasus, juga ditemui di daerah vulva atau di tempat lain.

Timbulnya verises bisa jadi tidak menganggu aktivitas dan kenyamanan, tetapi tidak sedikit yang merasa sakit karenanya. Kulit di sekitar varises vena juga mungkin gatal, berdenyut, atau merasa seperti terbakar. Gejala-gejala cenderung menjadi lebih buruk pada akhir hari.

Sebagian besar wanita pertama kali mengalami varises – atau menemukan bahwa mereka lebih buruk – selama kehamilan. Seiring semakin membesarnya rahim, menimbulkan tekanan pada pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh (inferior vena cava), yang menyebabkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di kaki.

Vena adalah pembuluh darah yang mengembalikan darah ke jantung, sehingga darah di pembuluh darah kaki bekerja melawan gravitasi. Pada kehamilan, jumlah darah dalam tubuh meningkat, menambah beban pada pembuluh darah.

Varises, lebih banyak ditemukan pada wanita, dibandingkan pada pria. Penyebab timbulnya urat-urat biru menonjol ini, umumnya disebabkan oleh kelebihan berat badan, kehamilan kembar, sering berdiri dalam jangka waktu yang lama, penggunaan sepatu ber-hak tinggi, dan faktor genetik.

Kabar baiknya adalah bahwa varises cenderung berangsur membaik bahkan hilang setelah melahirkan, terutama jika memang tidak memilikinya sebelum kehamilan. Bentuk lain dari varises, biasanya muncul seperti pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit, terutama pada pergelangan kaki, kaki, atau wajah. Ini disebut spider veins karena muncul dalam pola laba-laba atau sunburst – seperti cabang-cabanng kecil yang memancar keluar dari pusat (meskipun terkadang terlihat lebih seperti cabang-cabang pohon atau garis tipis yang terpisah tanpa pola tertentu). Spider veins, umumnya tidak menyebabkan ketidaknyamanan, dan biasanya menghilang setelah melahirkan.

Varises dapat dicegah atau setidaknya diminimalisasi dengan beberapa cara, yaitu:

– Olah raga rutin. Tidak diperlukan olah raga yang berat untuk mencegah varises timbul. Bahkan hanya dengan berjalan kaki di     sekitar kompleks perumahan, sudah cukup membantu mencegah.

– Berusaha untuk menjaga kenaikan berat badan sesuai dengan anjuran dokter, pada masa kehamilan.

– Menaikkan dan meluruskan kaki sesering mungkin.

– Hindari menyilangkan kaki ketika duduk

– Usahakan untuk tidak duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama.

– Hindari mengangkat barang berat. Mengangkat barang berat membuat tekanan pada pembuluh darah vena semakin parah.

Sumber: Babycenter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: