KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Tips Mendongkrak Mood di Awal Post Partum

Posted on: April 15, 2014

Setelah melalui masa-masa kehamilan, kelegaan terbesar adalah melihat si kecil bernafas di pelukan. ‘Petualangan’ baru sebagai orang tua pun, dimulai. Baik si kecil maupun orang tuanya, keduanya sama-sama belajar menyesuaikan diri masing-masing dengan ‘situasi baru’. Tidak jarang, ibu harus terjaga di tengah malam untuk mengganti popok dan menyusui. Berubahnya jatah waktu istirahat, seringkali membuat orang tua menjadi sangat kelelahan dan malas beraktivitas di pagi hari. Selain menerapkan strategi berbagi tugas dengan pasangan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu ‘mendongkrak’ semangat yang seolah termakan oleh ‘jam malam’ si kecil.

 

1. Bergerak!

 

Letakkan si kecil di stroller dan berjalan-jalan pada pagi hari di sekitar kompleks perumahan. Pergerakkan otot akan meningkatkan aliran darah, meningkatkan energi, dan membantu merangsang pikiran Anda. “Gerak menciptakan emosi,” kata Weisinger. Hal ini juga mendorong tubuh untuk melepaskan endorfin, “hormon merasa-baik” yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

2. Menikmati Matahari Pagi

Studi telah menemukan bahwa paparan cahaya matahari dapat mempengaruhi ritme sirkadian kita, yang pada dasarnya memberitahu tubuh kita sudah waktunya untuk bangun. Jadi, bukalah jendela, biarkan cahaya dan udara segar masuk. Atau lebih baik lagi, pergi untuk berjalan kaki singkat. Mendapatkan sepuluh sampai 15 menit paparan sinar matahari dua kali seminggu dapat memberikan asupan vitamin D. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium – mineral yang membantu menjaga tulang Anda kuat.

3. Mendengarkan Musik

Suara memiliki efek yang kuat pada emosi dan tingkat energi. Susun playlist lagu-lagu favorit anda, agar anda dapat menikmatinya di saat mood mulai surut.

4. Berkumpul Dengan Teman-Teman Berenergi Positif

Image

Dikelilingi oleh orang-orang atau kerabat dengan energi positif dapat membantu memperbaiki mood. Coba ikuti kegiatan yoga postpartum. Selain memperbaiki kembali kondisi tubuh anda, kegiatan jenis tersebut dapat menambah daftar network anda, dan tentunya mengisi kembali cadangan energi positif.

5. Cemilan Sehat

Image

Pilihlah buah-buahan utuh  dan segar – seperti jeruk, yang penuh energi-meningkatkan vitamin C dan serat. Makanan atau cemilan yang asin, justru dapat membuat Anda merasa lesu. Minum banyak air. Jika Anda membutuhkan dorongan kafein. Hindari konsumsi kopi dan manjakan diri Anda dengan sepotong kecil dark chocolate.

 

Sumber: Babycenter.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: