KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Nyeri Pinggang Pada Kehamilan

Posted on: April 19, 2014

round ligament pain

 

 

 

 

 

 

 

Nyeri di sekitar area pinggang, cukup sering dikeluhkan oleh beberapa ibu hamil. Nyeri tersebut, biasanya disebabkan oleh pergerakan ligamen bundar. Ligamen bundar mengelilingi rahim dalam panggul. Seiring dengan semakin membesarnya rahim selama kehamilan, ligamen meregang dan menebal untuk mengakomodasi dan mendukungnya. Perubahan ini kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri pada satu atau kedua sisi perut ibu hamil, biasanya hal ini terjadi pertama kali ketika kehamilan mulai memasuki trimester kedua.

Sensasi yang timbul biasanya berupa rasa sakit yang menusuk ketika mengubah posisi tubuh dengan cepat. Seperti ketika bangun tidur, bangkit dari kursi setelah duduk yang cukup lama, batuk, atau dapat juga timbul setelah berjalan kaki cukup jauh dari biasanya.

Sakit yang menusuk tersebut, biasanya menjalar mulai dari dalam pangkal paha, bergerak ke atas dan ke luar di kedua sisi ke bagian atas pinggul..

 

Rasa tajam dan menusuk karena serangan nyeri pada ligamen bundar seharusnya tidak berlangsung lama setelah  beberapa detik di mana ibu hamil mengubah posisi. Sementara nyeri pada ligamen bundar adalah salah satu ketidaknyamanan umum kehamilan, apabila sensasi nyeri yang ditimbulkan menjalar menjadi sakit perut, hal tersebut bisa menjadi tanda dari masalah kandungan serius seperti persalinan prematur, preeklamsia berat, atau solusio plasenta, atau masalah medis  yang sama sekali tidak terkait dengan kehamilan, seperti usus buntu.

Segera hubungi dokter jika nyeri berlangsung cukup lama dan disertai dengan:

 

  • Nyeri yang teramat sangat atau kram, terjadi kontraksi lebih dari empat kali dalam kurun waktu 1 jam (bahkan ketika nyeri pada ligamen sudah mulai hilang), atau kontraksi yang terus-menerus.
  • Nyeri pada pinggang bagian bawah (hal ini harus mendapatkan perhatian lebih jika sebelum hamil tidak pernah mengalami nyeri di area yang sama), ada tekanan yang semakin meningkat di sekitar area pelvis (perasaan ingin mengejan).
  • Pendarahan vagina, flek, atau berubahnya warna dan banyaknya cairan yang menyerupai keputihan
  • Demam, meriang, limbung atau merasa mual dan muntah-muntah
  • Sakit ketika buang air besar

 

Jika dokter telah meyakinkan bahwa nyeri yang menyerang memang berasal dari ligamen bundar, hal yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri tersebut adalah:

  • Duduk dan mencoba untuk bersantai saat serangan nyeri datang.
  • Beristirahat dengan nyaman.
  • Meregangkan lutut ke arah perut atau mencoba berbaring di sisi kanan/kiri tubuh dengan menyangga bantal di bawah perut dan satu lagi di antara kaki.
  • Mandi hangat dengan menggunakan air hangat.
  • Jika nyeri lebih sering datang ketika ibu hamil terlalu aktif, usahakan untuk berhenti dan beristirahat dengan nyaman sejenak, sebelum kembali melakukan aktifitas tersebut.

 

Sumber: Babycenter.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: