KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Beberapa Tehnik Relaksasi Untuk Ibu Hamil

Posted on: Mei 22, 2014

relax

 

 

 

 

 

 

 

Rasa khawatir, lebih sensitif, mudah marah, gelisah, dan keletihan, seringkali ‘mengganggu’ ibu hamil. Lebih jauh, sensasi-sensasi ini bahkan sampai mempengaruhi kualitas tidur ibu hamil. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hal-hal tersebut

Yoga dan Peregangan

Yoga dan peregangan dapat membantu ibu hamil untuk rileks. Selain itu, kedua hal tersebut dapat membantu anda menjaga kebugaran dan fleksibelitas tubuh. Hal yang penting diperhatikan adalah berhati-hati dalam melakukannya. Pastikan anda mengunjungi tempat kebugaran atau praktisi yoga yang memang menguasai tehnik prenatal yoga.

 

Pijat

Pijat dapat membantu mengatasi otot-otot yang lelah dan tegang. Selain pastinya berhati-hati dalam memilih terapis, anda dapat meminta bantuan pasangan anda untuk melakukan pijatan lembut pada kaki, tangan, dan leher anda.

 

Latihan Pernafasan

Menarik nafas panjang, dalam dan beritme dapat melonggarkan otot-otot yang tegang, menurunkan detak jantung dan membantu anda tertidur lebih cepat.

Berbaringlah pada tempat tidur dan meluruskan kaki anda. Dengan mulut tertutup, tarik nafas perlahan dan dalam melalui hidung. Rasakan kelegaan pada bagian dada anda ketika menarik nafas. Tahan nafas beberapa detik, lalu hembuskan perlahan melalui hidung dalam empat hitungan.

 

Relaksasi Otot

Ketika anda terbiasa melakukan relaksasi otot, hal ini dapat dengan cepat membantu anda untuk tertidur. Pada dasarnya, hal ini dilakukan dengan menegangkan otot-otot terlebih dahulu lalu meregangkannya kembali.

Berbaring di atas tempat tidur atau matras, lalu fokuskan perhatian pada satu bagian otot, bergantian pada bagian kanan dan kiri. Tegangkan bagian otot tersebut lalu lepaskan perlahan. Anda dapat memulainya pada tangan dan pergelangan tangan dengan mengepalkannya dengan kencang lalu perlahan melepas kepalan tangan. Lakukan hal yang sama pada otot lengan atas, wajah dan rahang (dengan cara membuka lebar mulut perlahan lalu menutupnya kembali dengan perlahan), bahu dan punggung atas, paha, dan seterusnya sampai ke pergelangan kaki.

 

Berimajinasi

Mengarahkan imajinasi anda dapat menenangkan anda. Caranya adalah:

Bayangkan diri anda berada di sebuah tempat yang dapat memberikan kenyamanan bagi anda. Misalnya membayangkan anda sedang berjalan santai di sebuah pinggiran pantai, sambil menikmati sunset dan hembusan sejuk anginnya.

Lalu, hadirkan detail di dalam imajinasi anda. Misalnya tekstur yang menyentuh kulit anda, aroma sekitar, hembusan angin, tanaman atau binatang yang ada di sekitarnya, dll.

 

Olah Raga

Rutin berolahraga pada saat hamil dapat menjaga kesehatan mental dan fisik anda. Juga, dapat membantu anda untuk tidur lebih nyenyak, asalkan olah raga tersebut tidak dilakukan berdekatan dengan waktu tidur anda. Olah raga yang dilakukan berdekatan dengan waktu tidur justru berpotensi ‘merampok’ kenyamanan anda saat tidur.

 

 

Sumber: Babycenter

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: