KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Penyebab Umum Gangguan Tidur Saat Hamil

Posted on: Mei 22, 2014

Image

Perubahan hormonal dan bentuk fisik pada saat hamil, dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bagi kebanyakan ibu hamil. Morning sickness, pegal-pegal pada beberapa bagian tubuh, dan gangguan tidur, merupakan beberapa contoh ‘gangguan’ yang umum dialami.

Gangguan tidur semasa kehamilan, biasanya akan meningkat ketika usia kandungan memasuki trimester akhir. Hal ini berkaitan dengan semakin membesarnya bayi di dalam kandungan, sehingga menyulitkan ibu hamil untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman.

Berikut adalah 5 penyebab umum gangguan tidur pada masa kehamilan dan cara mengatasinya :

 

1.  Sistem Pencernaan

Kurangnya asupan serat dan cairan pada ibu hamil, membuat tubuh rentan mengalami sembelit. Selain itu ibu hamil sering mengalami rasa terbakar pada pencernaan atau heartburn yang sering terjadi pada malam hari sehingga mengganggu waktu istirahat. Untuk mengatasi masalah ini, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran untuk menghindari sembelit,

 

2.   Posisi Tidur

Saat kehamilan semakin besar maka anda akan sulit menentukan kenyamanan saat tidur. Maka untuk anda yang memasuki kehamilan trimester ketiga, posisi tidur dengan miring ke sebelah kiri sangat dianjurkan karena akan memudahkan untuk aliran darah yang lebih baik ke plasenta. Meskipun demikian bukan berarti anda menghindari posisi tidur miring ke sebelah kanan untuk tidur anda, pada dasarnya posisi yang nyaman bisa anda dapatkan dengan menyesuaikan dengan perubahan perut anda yang semakin membesar.

 

3.   Masalah Mimpi Buruk Selama Kehamilan

Gangguan tidur yang mungkin terjadi pada anda adalah mimpi buruk selama kehamilan, sehingga membuat anda terbangun di malam hari. Beberapa hal yang membuat anda cemas memang menjadi alasan mimpi buruk mengenai kehamilan menghampiri anda. Oleh karena itu usia kehamilan semakin tua, sebaiknya anda mengetahui kegiatan-kegiatan yang dapat membuat diri anda rileks dan beristirahat cukup di siang hari.

 

4.   Kram Kaki

Kram kaki terjadi kapanpun dan tidak menutup kemungkinan pada malam hari sehingga menggangu tidur anda. Kram kaki terjadi karena adanya kelelahan yang dialami otot di daerah kaki akibat berat badan yang bertambah selama kehamilan, dan juga dikarenakan aliran darah dari kaki yang semakin membesar. Apabila anda mengalami kram saat tidur maka anda dapat mencoba melakukan pijat kaki atau dengan merendam kaki dengan air hangat.

 

5.   Terbangun Karena Ingin Buang Air Kecil

Bangun ditengah malam untuk buang air kecil juga menjadi kebiasaan anda saat kehamilan. Dengan pertumbuhan bayi Anda yang semakin membesar akan menekan kandung kemih sehingga memungkinkan anda mempunyai kebiasaan buang air kecil selama kehamilan. Pastikan untuk buang air kecil sebelum tidur. Ada baiknya anda menggunakan lampu tidur sehingga ruangan tidur tidak menggangu anda dan meminimalisir beberapa kemungkinan seperti terjatuh dan tersandung. Usahakan jangan langsung terbangun akan tetapi sedikit mempunyai jeda waktu sebelum anda beranjak dari tempat tidur.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: