KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Dampak Obesitas Pada Janin

Posted on: Juni 17, 2014

 

Image

Menjaga kesehatan, bukan berarti banyak makan tanpa memperhatikan asupan nilai gizi. Terlebih, pada saat hamil. Selain sehat, ibu hamil juga penting untuk memperhatikan kenaikan berat badannya agar terhindar dari obesitas. Obesitas yang dialami saat hamil, tidak hanya memiliki efek negatif bagi calon ibu. Bagi janin, obesitas pada calon ibu juga berdampak negatif. Berikut diantaranya:

  • Bayi mengalami Makrosomia. Ukuran janin yang terlalu besar (lebar bahu lebih besar dari diameter kepala) jelas akan  menyulitkan proses persalinan dan meningkatkan komplikasi persalinan.

 

  • Bayi memiliki resiko lahir prematur atau bayi lahir kurang dari 37 minggu.

 

  • Bayi lahir mati. Seperti yang dilaporkan kantor berita Reuters, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr.Aimin Chen dari Fakultas Kedokteran Universitas Creighton, Omaha, Amerika Serikat,  sejumlah bukti menunjukkan, angka kematian lebih tinggi pada bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita obesitas.

 

  • Bayi terlahir dengan cacat bawaan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para dokter di U.S. National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) dan New York State Department of Health menemukan bahwa ibu hamil yang mengalami obesitas akan sangat berisiko melahirkan bayi dengan cacat jantung bawaan. Di lain pihak, sulit mendeteksi apakah timbunan lemak di perut ibu ada hubungannya dengan munculnya gangguan spina bifida atau tidak.

 

Sumber: Ayah Bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: