KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Membangun Ikatan Emosional dengan Janin

Posted on: Juni 17, 2014

kom dg janin

 

 

 

 

 

 

 

Banyak riset menyebutkan bahwa, hubungan dekat ibu dan bayi, sangat mempengaruhi kelangsungan perkembangan emosional dan fisik bayi, mencegah penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalkan potensi perilaku anti sosial. Hubungan ibu-bayi memastikan kelangsungan hidup bayi dari segi proteksi, nutrisi dan kasih sayang.
Ikatan antara ibu dengan bayinya, dapat dilakukan sebelum bayi dilahirkan. Penelitian yang diterbitkan jurnal Child Development, 2009 mengungkapkan, janin punya memori jangka panjang. Janin usia 30 minggu bisa mengingat suara 10 menit, janin usia 34 minggu bisa mengingat suara hingga 4 minggu.
Penelitian lain menunjukkan, musik bisa menimbulkan respons emosional pada janin. Saat ibu hamil mendengarkan musik favorit dan merasa rileks, janin pun akan terbawa rileks. Namun saat janin mendengar bunyi sirine yang membuat cemas, janin akan mengepalkan tangan. Artinya, janin bereaksi berbeda terhadap stimuli di luar rahim, dan sisi emosionalnya sudah berkembang sebelum ia lahir.

Berikut beberapa cara membangun ikatan dengan janin:

  • Melihat foto hasil USG janin. Dalam satu penelitian, 70%  ibuhamil yang membingkai foto USG 3D merasa bahwa mereka langsung mengenali bayinya ketika lahir,
  • Mendengarkan musik. Musik apapun yang membuat ibu nyaman dan relaks akan direspon positif oleh janin.
  • Menghindari kebisingan. Suara keras bisa menaikkan tingkat  kortisol (hormon penyebab stres) pada janin. Sebab suara ditransmisikan ke dalam rahim. Seiring waktu, kortisol bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh janin dan merendahkan batas toleransi stresnya di masa depan.
  • Berkomunikasi dengan janin. Janin bisa mendengar dan akrab dengan suara Anda. Suara ibu dapat membuat janin merasa nyaman dan terlindungi.

 

 

Sumber: Ayah Bunda

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: