KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Pembelajaran Sudah Dimulai Sejak Dalam Perut

Posted on: Juni 17, 2014

Janin Belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

Terbungkus aman di dalam rahim, tidak berarti janin belum dapat melakukan apa pun dengan organ-organ tubuhnya.  Justru rahim menjadi tempat awal untuk belajar berbagai hal.

Inilah  yang dipelajari janin selama berada di dalam rahim ibu:

  • Mengeksplor indera-inderanya. Ketika usia kehamilan masuk trimester ke-3, otak janin  sudah mulai berfungsi memberi respons terhadap beragam rangsangan dari lingkungan.
  • Belajar makan. Banyak foto hasil USG ‘menangkap’ janin sedang menghisap jempol atau sekedar mengarahkan jempolnya ke mulut. Gerakan ini ditemukan pada janin berusia sekitar 14-16 minggu. Gerakan ini merupakan bukti bahwa janin sudah mulai belajar makan sebagai bekal persiapan setelah lahir. Begitu lahir, cara makan yang dilakukan bayi adalah dengan mengisap puting payudara ibu.
  • Mengembangkan cita rasa. Bintil pengecap pada lidah janin mulai bermunculan pada usia kehamilan 7-8 minggu. Diperkirakan pada minggu ke-14, bintil-bintil pengecap pada lidahnya sudah lengkap sehingga janin mulai dapat membedakan rasa pahit, manis dan asam dari cairan amnion.
  • Mengenggam. Segera setelah janin mulai dapat bergerak, dia akan melihat benda-benda di sekelilingnya yang dapat dipegang, digenggam, dan seolah tampak digunakan untuk  bermain dan bergembira di dalam rahim. Banyak hasil foto USG yang memperlihatkan janin sedang memegang tali pusatnya seakan sedang bermain tali.
  • Beberapa Hasil USG 4 Dimensi pada janin di dalam rahim, berhasil menunjukkan bahwa janin kadangkala memiliki aktifitas gelombang otak yang sama dengan gelombang otak seseorang saat sedang bermimpi. Di usia kehamilan 24-30 minggu, janin  mulai dapat bermimpi. Bukti ini ditunjukkan melalui hasil scan terhadap gerakan bola matanya yang dikenal dengan istilah Rapid Eye Movement (REM).

 

 

Sumber: Ayah Bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: