KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Ibu Hamil, Mari Berpuasa!

Posted on: Juli 1, 2014

Image

 

Ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa, tentunya sudah terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan atau bidan mengenai memungkinkan atau tidaknya kondisi kehamilannya untuk berpuasa.

Terlepas dari izin yang diberikan oleh dokter untuk berpuasa, ibu hamil penting untuk mendengarkan tubuhnya sendiri. Jika tubuh sudah mulai menunjukkan sinyal tidak biasa, seperti rasa lemas yang berlebihan, pusing, berat badan turun berlebihan, pergerakan janin tidak seaktif biasanya, dll. Maka, sebaiknya puasa tidak diteruskan. Terkait dengan hal tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu ibu hamil terjaga asupan nutrisinya selama hamil.

– Menghentikan asupan kafein. Kopi jelas mengandung kafein. Tapi, seringkali teh-termasuk teh hijau-dan coklat, luput dari perhatian bahwa keduanya pun mengandung kafein. Kafein dapat menguras kadar air dalam tubuh, dan akan membuat lebih sering buang air kecil. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu hamil yang jelas membutuhkan tubuhnya terhidrasi dengan baik.

– Menyusun daftar atau jadwal jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi pada saat berbuka puasa dan sahur. Hal ini membantu ibu hamil untuk memonitor asupannya dan mengevaluasi jika tiba-tiba kondisi tubuh drop.

– Jadikan momen berbuka puasa sampai pada saat sahur untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih, sayuran dan buah-buahan. Pilih makanan yang cepat diserap oleh tubuh. Hal ini agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

– Hindari berbuka dengan makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi, seperti kolak, es buah yang ditambah dengan sirup atau susu kental manis, dsb. Makanan dengan kadar gula yang sangat tinggi dapat dengan cepat menaikkan gula darah dalam tubuh, tapi juga cepat menurunkannya kembali. Hal ini dapat menyebabkan tiba-tiba lemas dan pusing.

 

 

Sumber: Baby Center

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: