KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Prenatal Yoga; Olah Raga Aman Bagi Bumil Berpuasa

Posted on: Juli 16, 2014

pregnant-yoga1-620x330

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih pada saat puasa bukan tidak mungkin dilakukan oleh ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa. Selain menjaga asupan bergizi seimbang kaya akan sayuran dan buah-buahan, berolahraga di pagi hari saat tubuh masih segar, adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Bila kondisi ibu hamil berpuasa menunjang untuk melakukan olah raga (sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter), prenatal yoga adalah salah satu jenis olah raga yang aman untuk dilakukan”. Ujar Elvi Mustika, instruktur yoga di Achmad Mediana System Klinik.

Berikut poin mengapa prenatal yoga aman untuk dilakukan oleh ibu hamil:

a. Gerakan-gerakan prenatal yoga, tidak menguras keringat sehingga membuat tubuh merasa lelah dan kehausan.
b. Yoga akan membuat tubuh ibu hamil merasa rileks, bugar dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang sering terjadi di saat kehamilan (sakit pinggang, punggung, dll).

“Gerakan-gerakan yoga bagi ibu hamil, banyak sekali. Dan beberapa bisa dilakukan sendiri di rumah atau di tempat kerja. Jadi tidak melulu harus didampingi oleh instruktur, karena fungsi dari gerakan yoga adalah untuk membuat tubuh menjadi rileks”. Ujar Elvi.

Adapun beberapa gerakan prenatal yoga yang bisa dilakukan di tempat kerja adalah, sebagai berikut:

a. Ambil posisi duduk di kursi. Pastikan tubuh merasa nyaman dan tidak bungkuk.
b. Rentangkan kedua tangan keatas, lalu perlahan ke samping kanan dan kiri, kemudian ke arah belakang dengan mengaitkan jari2 tangan.
c. Gerakkan pergelanggan kaki perlahan-memutar searah jarum jam dan berlawanan jarum jam dengan posisi tetap duduk di kursi kerja.
d. Pose gomukasana : utk mengurangi nyeri pundak n punggung yg sering terjadi bila terlalu lama duduk di depan komputer. Lakukan dengan mengangkat lengan kanan keatas lalu tekuk sikut, turunkan telapak dan lengan ke punggung, lalu lengan Kiri putar ke belakang bawah punggung. Tekuk sikut lalu kaitkan jari-jarinya. Bila jari tdk bisa saling mengait, bisa dibantu dengan tali/handuk kecil. Tahan 3 s/d 5 hembusan nafas. Lakukan pada satu sisi yg lain dengan merubah posisi lengan Kiri yg diatas.
e. Twisting/memuntir bagian atas/bahu dengan memegang sandaran kursi. Penting untuk diperhatikan, jangan sampai memuntir perut.
f. Latihan pernafasan yoga juga bisa dilakukan sambil duduk.

“Latihan prenatal yoga tersebut juga bisa dilakukan di rumah. Selain gerakan-gerakan tersebut masih banyak gerakan atau pose yoga yg mudah dan aman dapat dilakukan sendiri di rumah”. Ujar Elvi Mustika, menutup sesi prenatal yoga di AMS klinik.

Untuk informasi kelas prenatal yoga, silahkan hubungi AMS Klinik di 021-7195622 atau 021-7195623.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: