KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Aktivitas Seks Pasca Melahirkan

Posted on: Juli 22, 2014

 

sex after birth

 

 

 

 

 

Kembali melakukan aktivitas seks setelah melahirkan, biasanya akan terasa sedikit aneh dan tidak nyaman. Meskipun setelah melahirkan, biasanya wanita akan diberi waktu untuk boleh kembali melakukan aktivitas seksual setelah 40 hari usai melahirkan normal, dan sekitar 2 minggu usai melahirkan caesar, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seks menjadi kembali nyaman.

Seperti dilansir Huffingtonpost, profesor kebidanan dan ginekologi di Northwestern University dan penulis ‘Love Sex’, Dr Lauren Streicher menyampaikan beberapa fakta bercinta pasca melahirkan yaitu:

  •  Penis bisa merasakan bersentuhan dengan rahim. Bila ini terjadi, Buehler menyarankan untuk mengambil istirahat atau sekedar minum secangkir teh atau mandi. Ini akan membantu membuat pasangan merasa lebih reseptif terhadap sentuhan pasangan.
  •  Vagina kering. Streicher mengatakan hal inilah yang paling sering dialami saat bercinta pasca melahirkan. Ia mengatakan, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat melakukan aktivitas seksual. Kekeringan ini adalah akibat dari kurangnya estrogen, terutama saat wanita sedang menyusui.
  • Penggunaan pelumas akan sangat membantu. Tetapi jika kekeringan terus berlanjut, Streicher menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
  • Jangan memaksa bila belum siap. Pasca-melahirkan, wanita juga cenderung kehilangan urin saat aktivitas seksual. Tapi informasi ini, tidak banyak diketahui. Padahal menurut Streicher, bagi banyak wanita, kebocoran urin ( saat berhubungan seks atau sebaliknya ) biasanya hanya terjadi dalam hitungan minggu atau bulan karena itu terapi fisik dasar panggul diperlukan. Atau latihan kegel juga akan membuat lebih baik.
  • Cepat lelah. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki anak akan mempengaruhi hasrat seksual pasangan. Sederhananya, pasca melahirkan, wanita atau pria akan mudah mengalami kelelahan, stres dan kurangnya waktu.

Kunci agar hubungan seks bisa kembali menyenangkan setelah melahirkan adalah komunikasi. Jangan canggung atau sungkan untuk mengutarakan keluhan atau ketidaknyamanan terhadap pasangan.

 

Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: