KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Sakit Punggung Pasca Melahirkan

Posted on: Juli 22, 2014

sakit punggung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu keluhan umum yang cenderung  ‘bertahan’ sejak kehamilan sampai pada pasca melahirkan, adalah nyeri punggung. Nyeri punggung pasca melahirkan adalah salah satu efek samping yang paling umum yang dirasakan oleh ibu hamil setelah melahirkan. Dalam kasus kelahiran caesar, sakit punggung setelah melahirkan akan terasa lebih buruk.

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri punggung yang umum terjadi.

 

1. Menekan punggung bagian belakang

. Ketika Anda sedang hamil, tulang punggung akan menyangga keseluruhan berat tubuh, terutama pada tahap akhir kehamilan. Ini meninggalkan jejak trauma dan ketegangan pada tulang punggung sehingga menyebabkan nyeri pada periode postpartum (Pasca persalinan).

 

2. Anestesi epidural selama kehamilan

. Jika Anda mengalami persalinan yang lama dan sulit, dokter mungkin akan melakukan epidural pada Anda. Injeksi ini akan dimasukkan ke dalam sumsum tulang belakang sehingga memberikan rasa nyeri. Epidural kerap memicu keluhan sakit punggung setelah melahirkan.

 

3. Melahirkan caesar. 

Persalinan caesar mengharuskan Anda untuk sering berbaring di tempat tidur selama hampir 3 bulan. Ini akan memperburuk rasa nyeri yang Anda rasakan pada tubuh. Hal ini dikarenakan otot-otot Anda tidak digunakan dan mengembangkan inersia, tekanan pada pinggang, tulang punggung dan tengkuk.

 

4. Postur duduk 

Saat hamil, kebanyakan wanita tidak duduk dengan postur yang tepat. Hal ini meningkatkan masalah sakit punggung setelah melahirkan.

 

5. Berat Badan 

Ketika Anda hamil, Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Punggung Anda tentu harus menanggung berat ekstra ini dan itu akan membuat Anda mengalami sakit punggung.

 

Cara mengatasinya

1. Pijat. 

Pijat pasca melahirkan sangat efektif dalam menyembuhkan sakit punggung.

 

2. Berat Badan. 

 Anda perlu bekerja ekstra untuk mendapatkan kembali bentuk badan Anda setelah melahirkan. Itu berarti Anda harus mengikuti diet ketat dan sehat serta mulai berolahraga secara rutin.

 

3. Yoga. 

Yoga pasca melahirkan sangat efektif untuk memperkuat punggung dan otot. Anda harus mengikuti kelas yoga postnatal untuk mengembalikan bentuk tubuh semula dan juga meredakan rasa nyeri di punggung setelah melahirkan.

 

 

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: