KPLC – Kemang Pregnancy and Lactation Care

Membiasakan Anak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Posted on: Agustus 20, 2014

Fruits

Buah dan sayuran merupakan asupan penting bagi tubuh, terutama anak-anak. Mengenalkan sayuran dan buah harus dimulai sejak anak mulai memasuki tahapan pemberian makanan selain ASI. Pilihan jenis buah yang diberikan, dapat berupa buah-buahan yang mengandung banyak air. Seperti, pear, semangka atau jeruk.

Jika anak sudah mulai aktif, sayur dan buah-buahan menjadi pilihan tepat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena beraktifitas. Jika anak terlalu capek atau malas untuk mengunyah, blender saja potongan buah dan sayur agar dapat memudahkan anak mencerna makanan tersebut. Jus buah atau jus sayur ini memiliki dua kali lebih terasa kesegarannya dibanding air putih biasa, hal ini dikarenakan buah dan sayur terdiri atas gula alami, vitamin, serta mineral . Kandungan-kandungan dalam buah dan sayur tersebut dapat memberikan memberi rasa kenyang dengan sumbangan kalori yang relatif rendah. Belum lagi kandungan vitamin C dan mineralnya yang dibutuhkan tubuh.

Meski buah dan sayur memiliki banyak manfaat, tapi harus diingat bahwa buah dan sayur hanya sebagai tambahan dan tidak bisa dijadikan pengganti air putih sepenuhnya. Anda harus tetap membiasakan anak untuk minum air putih.. 

Sumber: Parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: